12 September 2012

Mission impossible is possible and finally: DONE!!


Okay, i know that in the last post i'm telling you that i'll be back next month. But, God have a really wonderful plan for me hihihi..

Jadi gini, gue akan menceritakan balada TA/skripsi/thesis sampe akhirnya gue sidang dan alhamdulillah lulus hehehe. Postingan ini bakalan puanjang buanget, so siapkan diri kalian hehe. Katanya orang-orang lulus dari SBM itu mudah, siapa yang ngomong? siapaaa? sini gue timpuk pake TA gue. 

Sebenernya dunia perTAan ini udah dimulai dari Februari lalu, tapi emang dasar SKS di SBM kayak neraka, akhirnya makhluk bernama TA ini diabaikan sama anak-anak. Ya bisa dibayangin aja, kuliah 20 SKS ditambah TA yang bobotnya gak masuk di SKS ini. Setelah diabaikan, tiba-tiba muncul email dari admin S1 bahwa akhir Mei si TA ini harus udah selesai 50% kalau mau lulus Oktober. Oh well, TA gue masih berupa topik saat itu, iya TOPIK, dan belum dibicarakan lebih lanjut dengan dosen pembimbing. Ditambah lagi awal Mei gue harus pergi ke Thailand selama satu minggu untuk keperluan tugas UAS Cross Cultural and Conflict Management (CCCM) alias tugas satu hari main seminggu hehe. 

Pulang dari Thailand datang kabar gembira bahwa ternyata si kolokium dan 50% TA ini hoax belaka, fiyuuuuh. Akhirnya kita kembali ongkang ongkang kang king kong sampe akhirnya masuk ke semester pendek. Disemester pendek ini mata kuliah cuma 2, MCCS dan jeng jeng SKRIPSI. Mau gak mau akhirnya semua menyentuh si skripsi ini. Kuliah cuma ada 2 hari seminggu, hari kamis dan jumat, tapi semua orang hampir setiap hari mondar mandir ke kampus untuk bimbingan. Semua sibuk, semua bawa laptop, suasana SBM suram, perpustakaan rame, admin kebanjiran pertanyaan, nangis sana sini, pokoknya yang namanya semester 9 alias semester terakhir di SBM suasananya akan kayak gini, sumpah deh super ga asik.

Sejujurnya TA gue agak tersendat-sendat karena ini itu. Sesungguhnya bikin TA itu gak semengerikan yang kalian bayangkan kok, tapi niatan untuk bikin TA itu susyeeeee sekali dicari. Ditengah-tengah badai TA ini tiba-tiba datang email misterius yang bikin tangisan pecah sana sini, orang berbondong-bondong nodong admin dan dosen pembimbing. Masih inget banget, tanggal 13 Juli, tiba-tiba ada email yang bilang kalau tanggal 23 Juli semua draft TA udah harus masuk kalau mau lulus oktober. MEN MEN MEN!! Tapi sekali lagi saudara, ini hanya hoax belaka, fiyuuu~

Di awal Agustus, satu-satu temen gue mulai sidang, sedangkan gue? Men, kuesioner gue aja masih revisi, fiuuuuh~. Sejujurnya saat temen-temen gue sidang, gue stress berat. Ngerasa ketinggalan, down, mau udahan aja rasanya. Tapi ya gitu deh berbekal kepasrahan diri dan terus usaha ngerjain walaupun nangis melulu dan gak tidur, hidup kacau sekacau kacaunya hehe.

Minggu lalu, hari rabu, tiba-tiba gue down se down downnya, ga tidur, nangis seharian, kayak orang frustasi. Gue nelpon papa sama mama sampe akhirnya kamis pagi mama dateng ke Bandung. Alhamdulillah dengan mama dateng ke Bandung gue jadi tenangan, istilahnya gue ngecharge tenaga lah ya. Jadi hari kamis ini sesungguhnya gue mau ngasih draft ke dosen pembimbing, tapi gak tau kenapa malah panik terus drop. Jumat pagi akhirnya gue ke kampus, setelah ngumpulin segenap tenaga yang tersisa dan mental yang ada, hari itu gue bimbingan dan ngasih liat semua draft gue, dan dosen pembimbing gue masih nyuruh gue untuk revisi Bab V. Gue yang panik akhirnya bilang kalo gue akan revisi di kampus dan ketemu dia lagi sore, dia nge iyain, yaudah gue ngebut di perpus. Sorenya, gue ngintip ke ruang tempat si dua temen gue lagi bimbingan slide sidang, dosen gue ngerliat gue di balik pintu terus ngelambaiin tangan nyuruh masuk. Setelah tanya-tanya dikit, akhirnya surat izin sidang gue ditandatangani WHOAAAA!!! Rasanya, lemes hehehe..


Draft TA dihari minggu

Balada lainnya muncul di hari senin. Senin siang, jam 11 gue inget banget, gue cari dosen pembimbing gue untuk minta tanda tangan di validation page. Alhamdulillah langsung ketemu di depan admin, alhamdulillah. Abis di tanda tangan, gue langsung serahin semua berkas ke admin dengan harapan bisa sidang hari Rabu atau Kamis, tapi tiba-tiba..

"Kamu sidang besok pagi ya len, jam 10.40 barengan Ira sama Shogi"
Gue rasanya kayak disamber petir geledek guntur listrik semua deh ga jelas abis. Gue akhirnya panik dan memohon-mohon minta diundur, abisan gimana dong, gue belom bikin slide, belom bikin apapun! Tapi dengan kejamnya gue diancem ga dibikinin jadwal sidang untuk Oktober kalo gue ga mau sidang selasa, yaudah deh, pasrah. Jangankan untuk ngasih tau temen-temen, kasi tau mama papa aja panik ngedadak (jadi maaf ya teman-teman SMA dan non SBM lainnya yang lupa gue kasi tau sumpah panik).

Jadi aja tanggal 11 September kemaren gue sidang kikikikik. Alhamdulillah lulus dengan revisi format hehehe. Terima kasih untuk semua yang dateng, nonton, kasih semangat dan hadiah. Makasi i love you all. 


 Tepat seusai sidang

I'm gonna miss this building 

 My supporter yeaaaah!!


i love you guys, thank thank thank you :*

Papanya Riri, Pak Harimukti (Penguji), Pak Budi (Pembimbing), Riri, Falenoo, Bu Pingkan, Mamanya Riri, Pak Togar

 Terima kasih Pak Budi dan Pak Harimukti

Percayalah, supporter memberikan banyak tenaga dan kepercayaan diri saat presentasi dan tanya jawab. Sejujurnya saat presentasi gue kebanyakan liat muka sahabat-sahabat gue yang senyam-senyum dibelakang sana ketimbang ngeliat muka penguji hehehe.

Dan sekarang gue di kosan ketak ketik revisi dengan harapan besok revisinya diterima hihi. Terima kasih semuanya. Percaya deh sama gue Impossible is nothing if you believe that you can do it and keep trying

@Falenoo


No comments: