23 March 2011

MATA

Kenapa mata?

Baru-baru ini ada seseorang yang saya sangat amat curiga banget sama dia, apakah dia selalu memakai eyeliner ke kampus atau bagaimana. Gawatnya yah, dia cowok. Yeyeyeye. Agak aneh memang kalau ternyata dia pake eyeliner ke kampus.

Dari sini saya sadar. Hal pertama yang saya perhatikan dari seseorang adalah matanya. Mata. Ada banyak pepatah tentang mata.

"Mata tidak pernah berbohong"

"Mata adalah jendela hati"

"Dari mata, turun ke hati"

Dan rasanya masih banyak lagi pepatah tentang MATA ini. Mata juga ada banyak, contohnya:

"Mata Hati"

"Mata Batin"

"Mata Angin"

"Mata Kaki"

Sebenarnya ada apa sih tentang mata ini? Sebegitunya, banyak dibahas dimana-mana. Well, saya akan menyampaikan makna dan apa arti mata sesungguhnya untuk saya.

Mata. Hal pertama yang akan saya pandang ketika ada seseorang yang menarik perhatian atau ketika seseorang berbicara kepada saya. Memandang mata seseorang ini banyak artinya. Contoh, saat seseorang berbicara dan kita memandang matanya berarti kita sedang memberikan perhatian dan mendengarkan dengan seksama apa yang sedang dibicarakan oleh orang tersebut, atau ketika ada seseorang yang kita rasa kita kenal menoleh lalu kita memandang matanya, berarti kita menyadari keberadaannya dan mengenalinya. Tetapi terkadang tatapan mata juga bisa mengintimidasi seseorang loh.

Dari mata kita juga bisa mengetahui perasaan seseorang. Contohnya, bila saat berbicara seseorang tidak menatap mata kita dan matanya malah jelalatan ke tempat lain, bisa saja ia sedang berbohong. Atau jika sedang berbicara atau mendengarkan seseorang banyak berkedip bisa saja dia gugup. Dan lain sebagainya.

Bagi saya, mata sangat menggambarkan seseorang, menunjukan perasaannya, dan menghargai orang lain.

Jadi, mata ga pernah bohong, ya kan? Tapi saya tetep penasaran loh, ini orang pake eyeliner ga sih ke kampus????

2 comments:

Unknown said...

tanya langsung aja sama orangnya,biar gak penasaran,=)

falenoo said...

ga bisa tanya, bakalan marah kayaknya oranya hahaha