27 March 2011

Pelajaran Hidup

Olla :)
Semakin kesini, semakin lama saya bergelut di dunia kemahasiswaan, semakin banyak pelajaran hidup yang saya ambil. Semuanya terkuak, mana yang sudah dewasa, mana yang masih membawa kenangan masa SMA dan cara begaulnya dan tetap tidak bisa 'move on' dan 'stuck' disitu saja, mana yang sudah memahami seutuhnya umur berapa kita sekarang dan beban status mahasiswa yang dipikul, semua jelas sekali terlihat. Pelajaran hidup yang saya dapatkan minggu ini adalah:

"DON'T JUDGE A BOOK BY ITS COVER"

Sebenarnya ini bukan hal baru, pepatah ini juga sudah saya dengar sejak eeemmmmmmmm, mungkin SD. Tetapi dulu saya tidak memaknainya seperti sekarang.

Sejujurnya, tempat dimana saya berkuliah ini benar-benar kampus yang menyajikan banyak kejadian dan berbagai macam karakter manusia yang membuat kampus bukan hanya menjadi tempat untuk pembelajaran formal, namun juga informal. Bergaul menjadi hal penting untuk menunjang pendidikan informal ini. Alhamdulillah saya mendapatkan kesempatan untuk merasakan itu semua.

Di jurusan saya sendiri pun ada beragam orang dengan beragam sifat. Banyak pembelajaran yang bisa di dapat. Di SBM, terdapat banyak mata kuliah yang menuntut setiap mahasiswanya untuk memahami orang lain (mayoritas tugas di SBM dikerjakan secara berkelompok). Sehingga tidak heran, baru beberapa bulan berkuliah, biasanya anak SBM sudah mengenal dengan baik semua anak di angkatannya. Mahasiswa SBM juga berhimpun dibawah naungan KMSBM, disini kami dituntut untuk bisa bekerja sama dan memahami pihak lain di luar KMSBM.

Dengan bekerja sama, kita jadi dapat mengetahui sifat dan sikap seseorang. Seperti contohnya, saya sempat memberikan impresi buruk terhadap seseorang di jurusan saya (no offense), karena pada saat itu saya tidak mengenal dia. Saya berpikiran, ah orang ini masti males deh, terus belagu, pilih-pilih temen, bla bla bla, pokoknya semuanya negatif dimata saya. Seiring waktu berjalan, saya mendapatkan kesempatan untuk mengenal orang ini lebih jauh. Saya terlibat dalam sebuah team yang menuntut kerja sama. Semakin lama saya semakin menghapus presepsi buruk saya terhadap dia. Ternyata dia baik, sangat amat baik. Jadi malu pernah negatif thinking hehehee.

Yang saya coba sampaikan tuh sebenarnya:
  1. Ada pepatah yang mengatakan "Tak kenal maka tak sayang" maka cobalah untuk mengenal seseorang sebelum bernegatif thinking.
  2. Coba pahami orang tersebut dan gali lebih dalam karakternya.
  3. Jika orang tersebut memang seburuk yang anda pikirkan, coba tanya alasan mengapa mereka berbuat seperti itu. Bisa saja itu bukan sifat aslinya, tetapi dilakukan karena suatu keadaan.
  4. Jika sifat buruk itu memang sifat aslinya, lebih baik menjauh agar tidak terkena masalah.
Jadi kesimpulannya, jangan menilai seseorang dari bentuk luarnya saja. Coba baca dan pahami orang itu, agar kita tidak salah menilainya. So, have a great night people.

Love,
Faleno

No comments: