24 August 2011

Sekilas mengenai Korea

Seperti pada postingan gue yang ga tau kapan, gue udah lupa hehe. Gue pernah menyebutkan tentang HPAIR. Apaan nih HPAIR? Ini semacam konferensi yang diadain sama Harvard. Kepanjangan HPAIR ini sendiri adalah Harvard Programe for Asia and International Relation, yang kebetulan tahun ini diadainnya di Seoul, Korea Selatan.

Jadi, pada tanggal 15 lalu, gue, Katherin, sama si Ronny berbondong-bondong pergi ke Seoul. HPAIR ini sendiri sebenernya mulai tanggal 19, tapi berhubung Katherin harus pulang lebih awal, jadi gue dan ronny memutuskan untuk nemenin Katherin jalan-jalan sebelum konferensi dan pulang lebih awal dari 22 delegasi ITB yang lain (dan sekarang gue menyesal pulang duluan).

Postingan yang ini mau ngasih over view aja tentang Korea menurut sudut pandang gue, postingan berikutnya (mungkin) akan menceritakan tentang si HPAIR dan perjalanan gue di Korea selama 9 hari lamanya.

Jadi, beberapa fakta yang gue lihat dan rasakan dari Korea adalah:

Toilet di Korea unik dan cukup agak lumayan aneh.
Untuk orang katro kayak gue, mungkin ini aneh. Tapi ga tau juga untuk sebagian orang yang mungkin sudah lebih modern dari pada gue hehehe. Jadi beberapa saat setelah tiba di Korea, gue kebelet pipis dan lansung lari ke toilet terdekat di Incheon. Pas masuk JENG JEEEENG langsung bengong. Dudukan toilet ini dilapisin semacam plastik dan terdapat banyak tombol dengan tulisan korea disampingnya. Hem, gue akhirnya cobain satu-satu tombol itu, dan ini hasilnya..
1. Tombol pemanas
2. Tombol menukar plastik
3. Tombol Flush
4. Tombol ga tau buat apa karena ga ada reaksi hahaha
Selain itu, toilet di Korea ga ada keran untuk em maaf cebok. Jadi kamu-kamu orang Indo yang asa geuleuh kalo pipis ga ada airnya coba untuk bawa botol kemana-mana ok?

Berjalan Kaki.
Korea ini beda sekali dengan Indonesia. Di Indonesia, semua orang mager ger ger, jarang banget keliatan pejalan kaki, sedangkan di korea? jarak yang biasa kita tempuh dengan angkot, harus ditempuh dengan jalan kaki. Contohnya, semua kegiatan HPAIR selalu dimulai dengan berkumpul di gedung COEX. Jarak dari Tiffany hotel ke COEX itu setelah gue lalui selama berhari-hari sekitar kayak dari ITB ke kosan, dan sama-sama menanjak. Dan ini hampir selalu dilalui dengan berjalan kaki (kalau tidak telat) dengan menggunakan pakaian super resmi (blazer untuk cewek dan jas untuk cowok) juga heels. WOW. Kalau di Jakarta ogah banget sih kayak gini, tapi, di Korea semua memang berjalan kaki, jadi ga ada yang aneh.

Korea sebenarnya agak mirip dengan Sunda.
Ini cukup bikin gue kaget sebenernya. Soalnya gue udah terbiasa dengan situasi dan suasana sunda akibat udah 2 tahun menetap di Bandung untuk kuliah, dan ternyata di Korea, ada sedikit persamaan. Pertama, orang korea tidak bisa menyebut F melainkan P. INI KAGET LOH GUE. Pada saat gue dan anak-anak naik taksi, saat kita bilang Tiffany Hotel, abangnya agak bingung, dia taunya TIPPANY HOTEL. Oke tancap bang. Selain itu, gue juga agak kaget. Hari pertama tiba di Seoul, gue ga kuat puasa. Karena malemnya ga tidur ditambah pas gue sampe udaranya panas dan pengap ditambah kita jalan-jalan liar banget, akhirnya pas makan siang gue buka puasa. Kita makan siang di daerah Myengdong daerah belanja-belanji cemacem deh. Kita masuk ke sebuah kedai ramen, dan yang mengejutkan, kita dihidang dengan air putih di meja ala warteg di bandung. Well, awalnya gue pikir oh ini mah tempat makannya aja yang baik, tapi ternyata semua tempat makan kayak gitu. Wiiiiiihhhhh...

Mabok.
Ini bukan jenis mabok cendol atau mabok lainnya. Ini mabok beneran. Di Korea, liat orang mabok dimana-mana udah biasa. Jadi, cewek-cewek usahain bawa paling ngga satu cowok buat nemenin kalau jalan malem-malem di Korea, ok? sip. Nah gue juga ketemu dengan beberapa orang mabok di subway. Ada ibu-ibu yang sangkingan maboknya udah ga bisa ngapa-ngapain, ga bisa gerak akhirnya dia tidur telentang dengan tangan dan kaki terbuka lebar dan muka super merah di stasiun subway. Gue cuma bisa ketawa ngakak ngeliat yang macem gini. Ada juga bapak-bapak yang mabok sampe jatoh dan duduk muter-muter di eskalator dengan muka pongo dan neriakin temennya yang ketiduran di subway. Oke ga ngerti lagi deh sama mereka yah.

Cowok ganteng cewek cantik?
Ini presepsi orang Indonesia yang kebanyakan nonton drama korea nih. Faktanya adalah, ga semudah itu loh cari cowok ganteng dan cewek cantik di Korea. Masih gampangan cari di Jakarta malah kayaknya. Gue aja baru menemukan cowok-cowok ganteng dan cewek-cewek cantik setelah ketemu sama committee nya HPAIR yang anak-anak Yonsei. Jadi, ini adalah presepsi yang salah teman-teman.

Mungkin segini aja lah ya fun fact nya. Besok atau mungkin nanti, gue akan menceritakan perjalanan gue di Korea tercinta. Sekarang mau lenje-lenje dulu, masih capek banget rasanya badan. Oke?

See you soon :)

No comments: