23 December 2011

Tips untuk anak rantau

Alhamdulillah ITB sudah memasuki masa liburan, alhamdulillah :)
Tapi denger-denger dari teman-teman universitas lain, emang sih UNDIP udah libur juga (Muthia udah di Bekasi) tapi UI, UGM, dan banyak kampus lainnya masih pada belajar, bahkan belum UAS, kalau kata Shinta, masih terkena badai tugas hihi.

Sekitar 3 minggu atau mungkin sebulan yang lalu, saya juga mengalami nih yang namanya badai tugas. Harus mengerjakan 4 tugas besar dari total 6 mata kuliah. Buat laporan, presentasi setiap hari, bikin video, belum lagi tugas luar, fiyuuuuh. Aktivitas yang padat ini bikin saya jatuh sakit 3x selama satu bulan. Belajar dari pengalaman ini, saya mau berbagi tips untuk anak-anak kosan yang merantau dari kotanya untuk menjaga kesehatan.

1. Bukan tidur lama, tetapi tidur efektif.
Apa sih bedanya tidur lama dan tidur efektif? Tidur lama ya tidur lebih dari porsi cukup. Anak kuliahan seumuran kita memiliki waktu tidur sekitar 6-8 jam sehari, tidur lama ini adalah porsi tidur yang lebih dari porsi cukup. Tidur efektif yang saya maksud adalah, kita tidur dengan porsi cukup, namun merasa segar di pagi hari. Cobalah untuk tidak tidur selepas tengah malam, karena selama apapun kamu tidur, kamu tetap tidak akan merasa segar.

2. Be friends with vitamins
Coba deh untuk mulai rajin mengkonsumsi suplement, karena biar bagaimanapun, tubuh tetap butuh tambahan dari luar untuk membantu mengurus yang di dalam.

3. Minum susu setiap pagi

4. Konsumsi buah segar
Buah ini penting loh untuk menambah asupan serat dalam tubuh kita :)

5. Madu
Madu bisa menambah energi tubuh kita lho

6. Refreshing
Ditengah kepenatan menjalani kuliah dan tugas, sekali-sekali pergi refreshing deh. Coba jalan-jalan ke taman kota, atau bawa novel favorite kamu baca sambil duduk dengan segelas teh atau kopi di sebuah cafe dengan iringan musik instrumen yang bisa menenangkan pikiran.

Mungkin kira-kira itu saran dari saya. Selain itu, coba untuk selalu optimis dan positive thinking sehingga bisa menjauhkan kita dari stress. Karena pada saat stress kondisi tubuh kita menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.

So, jadilah mahasiswa yang sehat dan bugar sehingga bisa menuntut ilmu secara maksimal. Thats all from me, semoga berguna yah.

Selamat berlibur, selamat bertugas, dan selamat ujian.

Love,
@falenoo

4 comments:

Febie said...

gue suka artikel lo len! bagus! keep on writing

Unknown said...

len, len, len
nama blog gw ganti ni, goblok lagi kegantinya haha
ganti dong di list blog len
jadi "meandmyblankside.blogspot.com"
#promosi hahaa

falenoo said...

@febie: Thanks febs :D
@sania: Done mam, kenapa ganti dah?

Unknown said...

biasa lah, labil haha