17 December 2011

Menjadi Mahasiswa Itu Adalah Pilihan

Menjadi mahasiswa itu pilihan individual, bukan pilihan orang tua.

Semua siswa SMA pasti selalu berpikir jika sudah menjadi mahasiswa, mereka akan bebas dan tidak lagi terkekang oleh jadwal ini itu, tugas PR, guru galak, dan pelajaran yang mereka tidak sukai. Well, setelah mereka lulus SMA dan masuk kuliah, ternyata anggapan itu salah. Kuliah menjadi mimpi buruk dan sesuatu yang dikeluhkan setiap hari.

Gak munafik, saya juga mengalami hari-hari dimana saya mengutuk keadaan dan kondisi saya sebagai mahasiswa, mengeluh capek banyak tugas, dan ga suka kuliah. Untuk mahasiswa rantau seperti saya, kuliah atau tidak, sudah murni menjadi pilihan sendiri. Disini tidak ada campur tangan pendapat orang tua, karena mereka tidak memantau langsung disini, semua berdasarkan kesadaran sendiri. Banyak mahasiswa rantau yang akhirnya tidak lanjut kuliah karena tidak disiplin diri dan merasa bebas karena tidak ada lagi yang mengatur dan mengarang. Ini masalah pilihan.

Menjadi mahasiswa berarti menjadi insan yang sudah harus bisa bertanggung jawab, terutama terhadap dirinya sendiri. Banyak kejadian yang akhir-akhir ini menjadi tamparan bagi saya terutama bagi status saya sebagai mahasiswa. Banyak hal yang membuat saya kembali merenungkan, sebenarnya apa yang saya lakukan disini, untuk apa saya kuliah, untuk siapa saya kuliah? atau pertanyaan seperti apa yang sudah saya lakukan untuk diri saya, orang tua, dan negara selama saya menyandang status mahasiswa. Jawabannya belum banyak. Tapi ya itu masalah pilihan kan?

Coba renungkan, pilihan kalian untuk menjadi mahasiswa sebenarnya apa? Apa penyebab kalian memilih menjadi mahasiswa? Untuk sekedar menyelesaikan pendidikan formal? Atau ada penyebab dan tujuan lain?

Apapun penyebabnya, coba pikirkan, hasil dari pilihan kalian sebagai mahasiswa itu memunculkan harapan apa saja dari orang tua kalian? Dari masyarakat? Dari teman kalian? Dan dari diri kalian sendiri.

Jangan pernah kehilangan semangat untuk menjadi mahasiswa, jangan pernah merasa bosan dan jenuh dengan pilihan itu. Mahasiswa adalah tempat kalian trial and error, dimana semua kesalahan masih bisa dimaafkan, dimana kita bisa mencoba segala hal tanpa ada yang men-judge. Menjadi mahasiswa adalah kesempatan untuk mendapatkan semua informasi, ini adalah yang terakhir, setelahnya kita hanya akan menghadapi fakta dan kejamnya hidup.

Menjadi mahasiswa adalah pilihan, nikmati, jalani, dan syukuri.


@falenoo

4 comments:

Febie said...

gue jadi mahasiswa karena emang udah waktunya aja len

Febie said...

btw,gue link yeh blog lo

falenoo said...

hahaha, tapi biarpun udah waktunya, lo tetep bisa pilih ga mau kuliah kan feb?

okeey, gue link juga blog lo yah :)

Febie said...

bisa sih,cuma ntar ga dianggep anak kayaknya hahaha