15 July 2012

Stress dan Pasrah

Well, judul tulisan ini bener-bener ngegambarin perasaan saya saat ini. Stress! Falen ini orangnya gampang stress ya? To be honest, nope. Falen ini jarang banget stress orangnya, semua dibawa santai, soalnya ada temen saya yang selalu bilang, "Santai len, asal lo usaha maksimal pasti bisa," and yup, i believe him. 

Mungkin kalau membaca postingan-postingan saya sebelumnya, kalian tau saya sedang menunaikan tugas akhir alias skripsi, dan ini lah yang membuat saya stress. Hari jumat yang lalu, saya berada di jurang stress yang paling dalam. Sore-sore sambil nahan nangis nyebrang ngambil makanan ke kosan Aya sama Sarah, dan tentu aja ada Linda disana. Tapi akhirnya saya makan sendirian juga di kosan. Berkali-kali BBM papa, minta ditelpon, tapi ternyata papa lagi meeting di luar sampe malem.

Sampai tiba-tiba papa telpon jam 10 malam..

Ini bener-bener sesuatu yang jarang terjadi, saya nangis sejadi-jadinya sampe sesenggukan ke papa, sampe papa bingung dan panik nyuruh saya pulang ke Jakarta besokannya. Saya ceritain semua ke papa dan alhamdulillah papa mengerti. Sebelum telpon papa ini, sangkingan stressnya saya udah 3 hari makan ga bener dan ga tidur cukup. Mungkin hanya 2 jam per hari. Tidur jam 4 subuh, bangun jam 6 pagi. Gak jelas lah pokoknya.

Setelah ngobrol sama papa, saya jadi sedikit tenang dan mulai pasrah dengan keadaan. Alhamdulillah keluarga juga dukung 100% atas situasi terburuk yang bisa terjadi. Bisa saja saya gak lulus Oktober, bisa saja menyusul di April, sakit sih, tapi yasudahlah..

Sedikit pesan dan saran untuk yang stress ngerjain TA atau Skripsi di luar sana:
1. Komunikasikan semua sama keluarga, jangan disimpen sendiri, minta saran dan support dari keluarga.
2. Pasrah sama apapun hasilnya, tapi tetep usaha maksimal yaah
3. Jangan malu untuk nanya sama siapapun, baik temen, tutor, bahkan dosen
4. Lulus telat gak hina kok, yang penting hasilnya bagus dan memuaskan

Hehehe, mungkin sekian aja postinga hari ini, well ada satu quote dari temen saya:
Ready for the best but still prepare for the worst

Bye now,
@falenoo 

No comments: